Isnaini Sofiyani          230210080009

Bandari A. Fitranti    230210080013

Adaptasi Fisiologis : proses penyesuaian diri mahluk hidup terhadap lingkungan sekitarnya yang memperlihatkan perubahan sistem metabolisme dalam tubuhnya.

Algae : sekelompok organisme autotrof yang tidak memiliki organ dengan perbedaan fungsi yang nyata

Amensalisme : salah satu organisme dirugikan tapi organisme lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan.

Arus pasang surut : arus yang bergerak secara vertikal yang dipengaruhi oleh benda benda luar angkasa dan gaya sentrifungal.

Autotrophic : organisme yang mampu mensistesis makanannya sendiri yang berupa bahan organik dari bahan-bahan anorganik sederhana dengan bantuan sinar matahari dan zat hijau daun(klorofil)

Benthos : biota yang hidup di atas atau di dalam dasar laut, baik itu tumbuh-tumbuhan maupun hewan.

Biosfer : bagian luar dari planet Bumi, mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung.

Coastal : sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir, dan terdapat di daerah pesisir laut.

Dekomposer : organism pengurai bahan organik

Difusi : peristiwa mengalirnya/berpindahnya suatu zatdalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah.

Diversitas : mengacu pada macam dan kelimpahan spesies, komposisi genetiknya, dan komunitas, ekosistem dan bentang alam di mana mereka berada.

Ekologi laut tropis : ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungan dan yang lainnya di daerah laut tropis

Ekosistem : suatu komunitas tumbuh-tumbuhan, bahan dan organisme lainnya serta proses yang menghubungkan mereka; suatu sistem fungsi dan interaksi yang terdiri dari organisme hidup dan lingkungannya.

Ekosistem akuatik : ekosistem air atau perairan.

Ekosistem terestris : suatu kawasan daratan yang mencakup semua organisme di dalam suatu daerah yang saling memperngaruhi dengan lingkungan fisiknya sehingga arus energi mengarah ke struktur makanan, keanekaragaman biotik dan daur-daur bahan yang jelas di dalam sistem.

Erosi : peristiwa pengikisan padatan (sedimen, tanah, batuan, dan partikel lainnya) akibat transportasi angin, air atau es, karakteristik hujan, creep pada tanah dan material lain di bawah pengaruh gravitasi, atau oleh makhluk hidup semisal hewan yang membuat liang.

Estuaria : daerah litoral yang agak tertutup (teluk) di pantai, tempat sungai    bermuara dan air tawar dari sungai bercampur dengan air asin dari laut, biasanya berkaitan dengan pertemuan sungai dengan pantai.

Euryhaline : kisaran salinitas yang tinggi di suatu perairan.

Evolusi : (dalam kajian biologi) berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya

Feeding ground: tempat memberi makan untuk organisme perairan.

Fosfat : sebuah ion poliatomik atau radikall terdiri dari satu atom fosforus dan empat oksigen.

Fosfor : zat yang dapat berpendar karena mengalami fosforens (pendaran yang terjadi walaupun sumber pengeksitasinya telah disingkirkan).

Habitat : struktur lingkungan tempat hidup tumbuh-tumbuhan atau hewan, biasanya menurut tipe bentuk kehidupan utama

Herbivora : organisme pemakan tumbuhan

Heterotropic : menyusun kembali dan menguraikan bahan-bahan organik kompleks yang telah mati kedalam senyawa anorganik sederhana.

Intrusi : Masuknya air laut ke daratan

Karbon : unsur kimia yang mempunyai simbol C dan non atom 6 pada tabel periodik. Karbon merupakan unsur non-logam, bervalensi 4, dan memiliki beberapa alotrop, termasuk grafit dan intan.

Karnivora : organisme pemakan daging

Komensalisme : hubungan antara dua makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan pihak lain.

Komponen abiotik : Unsur non-hayati lingkungan; tidak menyangkut kehidupan atau

Komponen Biotik :  Unsur hayai lingkungan,

Komunitas : sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama

Komunitas pelagik : kumpulan populasi organisme yang mampu hidup di segala tempat mulai dari permukaan sampai dasar di kolam air laut tidak terbatas pada hidup di dasar.

Konsumen : pemakan organisme produsen atau organisme autotrof

Lamun : sejenis ilalang laut yang hidup di dasar laut yang berpasir yang tidak begitu dalam dimana sinar matahari masih dapat menembus ke dasar hingga memungkinkan ilalang tersebut berfotosintesa.

Laut Kutub : sekumpulan air asin yang luas yang berhubungan dengan samudra yang terletak di daerah kutub.

Laut Subtropis : sekumpulan air asin yang luas yang berhubungan dengan samudra yang terletak di daerah subtropis.

Laut Tropis : sekumpulan air yang luas yang berhubungan dengan samudra yang terletak di daerah tropis.

Lautan : satu kesatuan dari permukaan, kolom air sampai ke dasar dan bawah  dasar laut.

Limbah panas : buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi industri seperti dari PLTU.

Mangrove : tumbuhan yang terdapat di wilayah pesisir yang selalu terkena pasang surut dan  tahan terhadap kadar garam.

marine biology :  ilmu yang mempelajari kehidupan di laut (makhluk hidup beserta interaksinya dengan lingkungan).

marine ecology : ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme laut dengan lingkungannya dan yang lainnya

marine sciences : ilmu pengetahuan yang mempelajari kelautan menjadi bahan anorganik yang lebih sederhana lagi.

Mutualisme : hubungan sesama mahkluk hidup yang saling menguntungkan kedua pihak.

Navigasi : penentuan posisi dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya atau di peta, dan oleh sebab itulah pengetahuan tentang kompas dan peta.

Netral : Hubungan tidak saling mengganggu antarorganisme dalam habitat yang sama yang bersifat tidak menguntungkan dan tidak merugikan kedua belah pihak

Niche atau nicia atau ecological niche : Konsep Relung tidak hanya meliputi ruang/tempat yang ditingggali organisme, tetapi juga termasuk peranannya dalam komunitas atatu profesinya dalam komunitas, dan posisinya juga juga pada gradient lingkungan berupa temperatur, kelembaban, ph, tanah, dan kondisi lainnya.

Nitrat : senyawa natrium klorida

Nitrogen : sebuah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang N dan nomor atom 7.

Nursery ground   : tempat pengasuhan ikan.

Nutrien : unsur atau senyawa kimia yang digunakan untuk metabolisme atau fisiologi organisme.

Oksigen : unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida).

Oligostenohaline     : kisaran salinitas perairan tawar.

Organisme : kumpulan molekul-molekul yang saling mempengaruhi sedemikian sehingga berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup.

Osmotroph : organisme heterotrofik

Parasitisme : hubungan antarorganisme yang berbeda spesies, bilasalah satu organisme hidup pada organisme lain dan mengambil makanan dari hospes/inangnya sehingga bersifat merugikan inangnya

Pesisir  : Wilayah peralihan antara laut dan daratan, ke arah darat mencakup  daerah yang masih terkena pengaruh percikan air laut atau pasang, dan ke arah laut meliputi daerah papaan benua.

pH : derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan

Phagotroph : Melakukan pengunyahan atau digesti senyawa organic dlm bentuk partikel padat.

Plankton : biota yang hidup di mintakat pelagik dan mengapung, menghanyut atau berenang sangat lemah, artinya mereka tak dapat melawan arus.

Populasi : sekumpulan individu dengan ciri-ciri sama (satu spesies yang sama) yang hidup dalam tempat dan waktu yang sama.

Predasi : hubungan antara mangsa dan pemangsa (predator).

Predator : binatang yang berburu dan memangsa binatang lain atau pemangsa.

Produktivitas primer : laju penambatan energi yang dilakukan oleh produsen yang menunjukkan jumlah energi cahaya yang diubah menjadi energi kimia oleh autotrof suatu ekosistem selama suatu periode.

Produsen : komponen autotrof yang menghasilkan makanannya sendiri dan dikonsumsi oleh konsumen

Respirasi : proses mobilisasi energi yang dilakukan jasad hidup melalui pemecahan senyawa berenergi tinggi (SET) untuk digunakan dalam menjalankan fungsi hidup. Dalam pengertian kegiatan kehidupan sehari-hari, respirasi dapat disamakan dengan pernapasan.

Salinitas : kadar garam yang umumnya dinyatakan dalam per mil atau per seribu atau ppt (part per thousand).

Sampah Anorganik : sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dan sebagainya.

Sampah Organik :  sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya.

Sedimen : endapan

Sedimentasi : suatu proses pengendapan material yang ditransport oleh media angin, air es atau gletser dalam suatu cekungan.

Siklus biogeokimia : siklus unsur atau senyawa kimia yang mengalir dari komponen abiotik ke biotik dan kembali lagi ke komponen abiotik. Siklus unsur-unsur tersebut tidak hanya melalui organisme, tetapi jugs melibatkan reaksireaksi kimia dalam lingkungan abiotik

Spawning  ground   : tempat pemijahan ikan.

Stenohaline  : kisaran salinitas yang rendah di suatu perairan.

Suksesi primer : suksesi yang terjadi bila komunitas asal terganggu. Gangguan ini mengakibatkan hilangnya komunitas asal tersebut secara total sehingga di tempat komunitas asal terbentuk habitat baru.

Suksesi sekunder : suksesi yang terjadi bila suatu komunitas mengalami gangguan, balk secara alami maupun buatan. Gangguan tersebut tidak merusak total tempat tumbuh organisme sehingga dalam komunitas tersebut substrat lama dan kehidupan masih ada.

Terumbu karang : karang adalah jenis hewan laut berukuran kecil yang disebut polip, hidupnya menempel pada substrat seperti batu atau dasar yang keras dan berkelompok membentuk suatu koloni.

Transek Garis  :metode mengambil contoh untuk menggambarkan struktur komunitas karang dengan melihat tutupan karang hidup, karang mati, bentuk substrat (pasir, lumpur), alga dan keberadaan biota lain dengan menggunakan garis (tali).

Transek petak :metode pencuplikan contoh populasi suatu komunitas dengan pendekatan petak contoh yang berada pada garis yang ditarik melewati wilayah ekosistem tersebut.

Weathering : pelapukan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s